Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan materi pembelajaran rasio dalam konteks makanan khas palembang dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang valid dan praktis, serta mengetahui potensi pengaruhnya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian formatif Research and Development (R&D) dengan evaluasi formatif Tessmer yang terdiri dari tahap evaluasi pendahuluan dan formatif. Penelitian ini menghasilkan (1) Materi pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality dengan kriteria “Sangat Valid” dilihat dari aspek kualitas sistem, desain tampilan, Augmented Reality, isi, desain, dan kualitas teknis, (2) Materi pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality dengan kriteria “Sangat Praktis” dilihat dari aspek kejelasan, daya tarik, kesalahan yang nyata, keefektifan, keterlaksanaan, penerimaan pengguna, dan penerimaan organisasi, dan (3) Materi pembelajaran menggunakan teknologi Augmented Reality mempunyai potensi pengaruh terhadap hasil belajar siswa dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 84%.
Copyrights © 2024