Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Vol. 12 No. 1 (2024): DELTA : JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN MATEMATIKA

ANALISIS PENALARAN MATEMATIKA KREATIF MAHASISWA BERDASARKAN LEVEL PEMAHAMAN KONSEP

Ummah, Siti Khoiruli (Unknown)
Azmi, Rizal Dian (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2024

Abstract

Urgensi penelitian ini didasarkan pada fenomena mahasiswa yang kurang memahami konsep matematika pada semester akhir. Akibatnya, terjadi miskonsepsi pada konsep matematika sekolah terutama pada penggunaan istilah dan tahapan pemecahan masalah. Apabila diberikan permasalahan yang menuntut penggunaan strategi yang berbeda dari yang diajarkan, mahasiswa akan mengalami kesulitan. Oleh sebab itu, tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan penalaran matematika kreatif mahasiswa level pemahaman konsep. Metode penelitian menggunakan mixed method dimana data kuantitatif digunakna untuk menganalisis perbedaan pretes dan postest sedangkan data kualitatif untuk mendeskripsikan penalaran kreatif mahasiswa. Subyek penelitian yaitu mahasiswa yang menempuh perkuliahan Analisis Variabel Kompleks. Analisis didasarkan pada hasil tes dan wawancara secara kuantitatif untuk mengukur perbedaan hasil pretest dan posttest serta analisis data kualitatif berdasar hasil jawaban tes dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa berada pada level pemahaman konsep parsial. Adapun kemampuan penalaran kreatif mahasiswa memenuhi aspek matematika dasar dan masuk akal

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Delta

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Delta Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika menyajikan informasi mutakhir hasil kajian dan penelitian bidang matematika dan pendidikan. Lingkup matematika meliputi statistik, aljabar, geometri, analisis, komputer, terapan. Sedangkan lingkup pendidikan meliputi pembelajaran matematika, media ...