Penelitianl ini bertujuanl untuk menghasilkan bahan ajarl berupa LKS berbasis RME yang valid, praktis dan lefektif pada materi lingkaran untuk siswa MTs Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinangl Kota dan mengetahui penggunaan LKS tersebut dapat memberikan efek potensial terhadap pembelajaran yang bermakna bagil siswa. Metodel yang digunakan yaitu metode pengembangan dengan model Plomp denganl tahap analisis pendahuluan, tahapl pengembangan, dan tahap penilaian. Subjek penelitian ini adalah lsiswa kelas l8 MTs Mu’allimin Muhammadiyah Bangkinangl Kota. lMetode pengumpulan data yangl digunakan adalahl angket, dokumentasi dan wawancara. Hasil penelitian ini lyaitu mendapatkan sebuah LKS berbasis RME materi lingkaran yang valid, praktis dan efektif. Kevalidan LKS berdasarkan materi, media, dan bahasa. Berdasarlkan materi lLKS yang dikembangkan telah sesuail dengan karakteristik lRME. Berdasarkanl media LKS sudah tersusun denganl baik. Sedangkan berdasarkan lbahasa, LKSl telah menggunakan bahasa yang lbaik dan benar ldimana tidak lada siswal yang salahl pengertian dan mempunyai penafsiranl ganda ketika membacanya. Kepraktisan dan lkevalidan LKS tampak dari lsiswa dapatl menggunakan LKS tersebut denganl baik.
Copyrights © 2024