Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia
Vol. 10 No. 1 (2024): Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia

Efektivitas layanan informasi dengan teknik modeling untuk meningkatkan aspirasi karir pada siswa sekolah menengah atas

Kholisa Siregar, Dewi Kumala (Unknown)
Syarqawi, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas layanan informasi dengan teknik modeling dalam meningkatkan aspirasi karir siswa kelas X Siswa mengalami kebingungan dalam pengambilan keputusan karir. Terbatasnya informasi mengenai karir membuat siswa hanya memilih sesuai dengan apa yang diketahui. Oleh karena itu, aspirasi karir merupakan hal yang sangat penting bagi siswa karena aspirasi karir adalah keinginan atau harapan, cita-cita, ambisi, dan mimpi yang realistis individu terhadap prestasi tertentu di masa depan. Layanan informasi dengan teknik modeling dapat meningkatkan aspirasi karir karena menekankan pentingnya layanan informasi dalam memberikan pemahaman yang diperlukan bagi individu untuk menjalani tugas atau menentukan arah tujuan, dengan cara meniru perilaku model dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai karir tertentu sehingga membantu siswa memahami dunia kerja, merencanakan karir realistis, dan meningkatkan motivasi siswa. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif menggunakan metode pre-eksperimen (experiment) dengan One Group Pretest-Posttest. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Swasta Bhayangkari-2 dengan menggunakan skala aspirasi karir model skala likert. Adapun teknik analisis data menggunakan uji statistik parametrik dengan uji Paired Sample t-Test. Hasil pretest menunjukkan bahwa sebelum perlakuan, terdapat 13 siswa dalam kategori "rendah" dan 19 siswa dalam kategori "sangat rendah." Setelah perlakuan, data posttest menunjukkan pergeseran signifikan, dengan 9 siswa masuk ke kategori "sedang" dan 23 siswa mencapai kategori "tinggi." Analisis statistik menunjukkan nilai t hitung sebesar 22,463 dengan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari 0,005, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Temuan ini menegaskan bahwa layanan informasi dengan teknik modeling efektif dalam meningkatkan aspirasi karir siswa kelas X di SMA Swasta Bhayangkari-2 Rantauprapat, menunjukkan bahwa pendekatan ini berhasil memotivasi siswa dan memperluas pandangan mereka tentang peluang karir.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

j-edu

Publisher

Subject

Education

Description

EDUCATIO Journal ISSN: Print 2476-9886 –Online 2477-0302 is the Counseling Journal is a peer-reviewed, counseling journal published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy. The aim of this journal is to publish articles dedicated to all aspects of the latest outstanding ...