Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 4 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Role Playing untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Siswa SMA Negeri Kelas XI

Mojay, Mohammad Jaelani (Unknown)
Nurmala, Meilla Dwi (Unknown)
Wahyuningsih, Lenny (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2025

Abstract

Dalam proses pembelajaran, terdapat siswa yang cenderung kesulitan mengungkapkan kata-kata ketika ditanya oleh guru dan cenderung mengisolasikan dirinya untuk bergaul dengan temannya. Penyebab timbulnya komunikasi intrapersonal rendah pada siswa dikarenakan perasaan malu dan gugup saat berinteraksi serta takut berinteraksi karena adanya perbedaan latar belakang yang membuatnya merasa canggung dan terisolasi. Penelitian ini bertujuan untuk membantu siswa dalam meningkatkan komunikasi intrapersonal melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing di SMA Negeri 84 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen kuantitatif dengan pendekatan pra-eksperimen (pre-eksperimental) dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test yang diuur menggunakan pre-test yang dilakukan sebelum diberikan perlakuan dan post-test dilaksanakan setelah diberikan perlakuan. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah purposive sampling, sehingga diperoleh hasil pre-test siswa yang memiliki kemampuan komunikasi rendah berjumlah 10 siswa yang diberikan perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik role playing untuk meningkatkan kemampuan komunikasi intrapersonal siswa sebanyak 8 kali pertemuan. Dapat disimpulkan bahwa gambaran secara keseluruhan hasil penelitian kepada 10 siswa yang menjadi sampel setelah pemberian perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing yang dilakukan, terbukti berpengaruh untuk meningkatkan kemampuan komunikasi intrapersonal siswa yang dibuktikan dari peningkatan.hasil.skor.pre-test.dan.post-test.Kata kunci: Bimbingan kelompok, Teknik role playing, Komunikasi intrapersonal

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...