Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 5 No. 4 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Penerapan Model Pembelajaran Problem-Based Learning di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu

Rizal, Syamsul (Unknown)
Ridhatama, Muhammad Fakhri (Unknown)
Absya, Bafelia Indriyati (Unknown)
Candra, Naurah Crisandini Putri (Unknown)
Natela, Hikmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu dan dampaknya terhadap hasil belajar siswa. PBL merupakan model pembelajaran yang berpusat pada siswa yang mengutamakan pemecahan masalah sebagai strategi utama dalam proses pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL di SMA Negeri 2 Kota Bengkulu memberikan dampak positif terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Namun terdapat beberapa tantangan dalam penerapan model ini, seperti kesiapan guru, ketersediaan sumber belajar, dan tingkat partisipasi siswa. Oleh karena itu, diperlukan strategi pendukung untuk meningkatkan efektivitas penerapan PBL dalam pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...