Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi professional guru, khususnya dalam dalam Pendidikan Agama Islam (PAI), serta tantangan yang dihadapi dalam implementasi standar kompetensi guru di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi literatur. Data diperoleh melalui kajian berbagai sumber akademik, seperti buku, jurnal, dan dokumen kebijakan pendidikan yang kemudian dianalisis secara sistematis. Temuan utama menunjukkan bahwa kompetensi professional guru PAI masih bervariasi dengan beberapa guru memiliki pemahaman mendalam terhadap materi ajar dan metode pembelajaran inovatif, sementara lainnya masih bergantung pada metode konvesional seperti ceramah. FaktorĀ utama yang menghambat peningkatan kompetensi meliputi keterbatasan akses pelatihan bagi guru di daerah 3T dan beban administrative yang berlebihan akibat kebijakan pendidikan yang terus berubah. Simpulan penelitian ini menegaskan bahwa peningkatan kompetensi professional guru PAI membutuhkan dukungan pemerintah melalui pelatihan berkelanjutan, kebijakan rekrutmen yang selektif, serta pengurangan beban administratif guna memastikan pembelajaran PAI lebih efektif dan bermakna bagi peserta didik.
Copyrights © 2025