Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi digital mahasiswa di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Literasi digital menjadi keterampilan penting di era 4.0, dan pembelajaran berdiferensiasi diharapkan dapat meningkatkan keterampilan ini dengan menyesuaikan materi dan metode pembelajaran dengan berdasar pada kebutuhan dan kemampuan setiap mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sampel penelitian terdiri dari 100 mahasiswa yang dipilih secara purposive sampling, dengan kriteria telah mengikuti pembelajaran berdiferensiasi di kelas. Instrumen yang digunakan adalah angket pembelajaran berdiferensiasi dan angket literasi digital. Ada 18 indikator yang telah memenuhi kriteria validitas konvergen dan diskriminan berdasarkan nilai loading factor dan cross loading dari 2 variabel laten dalam penelitian ini. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara pembelajaran berdiferensiasi terhadap kemampuan literasi digital mahasiswa, dengan nilai p-value adalah 0,000 lebih kecil dari 0,05 dengan presentase pengaruh sebesar 72,7%. Pembelajaran berdiferensiasi mendorong mahasiswa untuk memanfaatkan berbagai platform dan alat digital dalam pembelajaran. Temuan ini memberikan bukti empiris bahwa pembelajaran berdiferensiasi dapat menjadi strategi efektif dalam meningkatkan literasi digital di kalangan mahasiswa. Sebagai implikasi, penelitian ini memberikan kontribusi penting bagi pengembangan pendidikan tinggi yang lebih relevan dengan perkembangan teknologi informasi
Copyrights © 2025