JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 8, No 2 (2025): JIMB - VOLUME 8 NOMOR 2 SEPTEMBER 2025

PENGARUH PERSEPSI HARGA, KUALITAS PRODUK DAN INFLUENCER MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PRODUK SOMETHINC DI SURAKARTA

Prabani, Tifany Tasya (Unknown)
Susanti, Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh persepsi harga, kualitas produk dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian konsumen pada produk Somethinc di Surakarta. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 responden pengguna produk Somethinc di Surakarta. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel purposive sampling atau pengambilan sampel dengan karakteristik tertentu dengan jumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner, studi Pustaka dan observasi. Uji instrument penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Uji asumsi klasik menggunakan uji multikolinieritas, autokolerasi, heteroskedastisitas dan normalitas. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi liniear berganda, uji t, uji F dan koefesien determinasi (R2). Hasil uji validitas dan reabilitas menunjukan bahwa semua pernyataan mengenai persepsi harga, kualitas produk dan influencer marketing terhadap keputusan pembelian dinyatakan valid karena p -value 0,05 dan reliabel karena Cronbach’Alpha 0,60. Hasil uji asumsi klasik menunjukan bahwa semua variabel telah lolos uji multikoloneritas, auokolerasi, heteroskastiditas dan bahwa distribusi normal. Hasil analisis regresi liniear berganda diperoleh persamaan Y = 0,891 + 0,355 X1 + 0,274 X2 + 0,341 X3 + e. Hasil uji t diperoleh ada pengaruh signitifikan persepsi harga (X1), kualitas produk (X2) dan influencer marketing (X3) terhadap keputusan pembelian produk Somethinc di Surakarta.Hasil uji F diperoleh bahwa model regresi yang digunakan dalam penelitian ini sudah tepat. Hasil uji koefesien determinasi R2 menunjukan besarnya sumbangan pengaruh variabel independent terhadap veriabel dependen sebesar 62,7 %. Sisanya Sisanya (100% - 62,7 %)= 37,3 % diterangkan oleh variabel lain diluar model.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...