Tabyin; Jurnal Pendidikan Islam
Vol 4 No 01 (2022): Juni

Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Peserta Didik Melalui Pengelolaan Kelas Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI SMK Negeri 1 Cikarang Utara Tahun Ajaran 2021/2022

Mutiara Fajriatu Aprilia (Unknown)
Masykur H. Mansyur (Unknown)
Jaenal Abidin (Unknown)
M. Makbul (Unknown)
pengelola, pengelola (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian lapangan (Field Research). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data menggunakan tringulasi data yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan serta verifikasi, dengan cara menyatukan dari beberapa teknik pengumpulan data dan sumber yang ada, agar data yang didapat menjadi sebuah informasi yang akurat. Subjek yang menjadi sumber informasi pada penelitian ini adalah: Siswa kelas XI dan guru PAI di SMK Negeri 1 Cikarang Utara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penciptaan iklim kelas dan pembinaan disiplin siswa dalam pelajaran Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas XI SMK Negeri 1 Cikarang Utara itu berlangsung Efektif. Hanya saja masih ada beberapa kendala dalam proses belajar mengajar yaitu masih adanya siswa yang mengalami keterlambatan dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Namun, hal tersebut sudah ditemukan solusinya yaitu dengan memberikan resume dan bimbingan jika diperlukan kepada siswa yang mengalami keterlambatan dalam menangkap materi pelajaran, sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan efektif dan tujuan pembelajaranpun dapat terlaksana sesuai dengan yang telah ditentukan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

tabyin

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Library & Information Science Social Sciences

Description

TABYIN: Jurnal Pendidikan Islam diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Ihyaul Ulum Gresik Indonesia. Terbit setiap Juni dan Desember setiap tahun. Redaksi mengundang para akademisi, dosen, maupun peneliti untuk berkontribusi dalam jurnal ini. Redaksi ...