Penelitian ini menguji keefektifan penggunaan ChatGPT sebagai alat bantu pembelajaran menulis wacana. Keterampilan menulis wacana merupakan keterampilan berbahasa yang kompleks karena secara akurat mencerminkan aspek linguistik, kognitif, dan sosial. Rendahnya minat dan kemampuan mendorong perlunya inovasi dalam proses pembelajaran siswa dan mahasiswa. Salah satu alternatif yang dapat digunakan adalah penggunaan teknologi kecerdasan, khususnya ChatGPT. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keefektifan penggunaan ChatGPT dalam pembelajaran menulis wacana seiring dengan kemajuan teknologi, khususnya di bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan tinjauan literatur untuk memeriksa berbagai temuan penelitian terkini yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ChatGPT dapat membantu siswa dan mahasiswa dalam mengembangkan ide, memperbaiki struktur teks, dan meningkatkan kualitas tulisan. Namun, penggunaan ChatGPT juga menimbulkan efek negatif seperti ketergantungan terhadap teknologi. yang mampu mempengaruhi penurunan kemampuan berpikir kritis. Oleh karena itu, pemanfaatan ChatGPT dalam pembelajaran menulis perlu dilakukan secara bijak dengan pengawasan pendidik dengan penguatan literasi digital. Sehingga efektivitas yang tepat dapat menjadikan ChatGPT sebagai alat bantu yang mendukung dalam meningkatkan keterampilan menulis wacana di era digital.
Copyrights © 2025