Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 4 (2025): April

Persepsi Guru SD tentang Integrasi Teknologi Digital dalam Pembelajaran Toleransi dan Kebhinekaan pada Pendidikan Pancasila

Hertati, Elvani (Unknown)
Fathonah, Iir Nikmatul (Unknown)
Rahmawati, Novi (Unknown)
Listiarini, Yuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan persepsi guru SD terhadap integrasi teknologi digital dalam pembelajaran nilai toleransi dan kebhinekaan pada Pendidikan Pancasila. Kurikulum Merdeka memberi ruang bagi guru untuk memanfaatkan teknologi dalam pembentukan karakter siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi di empat SD negeri di Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Hasil menunjukkan bahwa guru memiliki persepsi positif terhadap penggunaan teknologi digital, terutama dalam memanfaatkan media visual, cerita digital, dan aplikasi edukatif sederhana. Meski terbatas infrastruktur, guru tetap berinovasi secara kontekstual dan kreatif. Teknologi terbukti tidak hanya mendukung aspek kognitif, tetapi juga membangun nilai-nilai sosial dan afektif siswa. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan berkelanjutan dan pengembangan modul ajar digital yang adaptif terhadap nilai-nilai Pancasila.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...