Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar (JPPSD)
Vol 4, No 4 (2025): April

Penerapan Metode Silaba Menggunakan Media Flash Card Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan (Studi Kasus Siswa Kelas II SD Negeri Tidung)

Nurhaedah, Nurhaedah (Unknown)
Irfan, Muh (Unknown)
Wahdania, Tenri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Apr 2025

Abstract

Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan membaca awal menggunakan metode Sylaba berbasis media flash card pada kelas II SDN Tidung. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang meliputi dua siklus, setiap siklus dilaksanakan selama 6 kali pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Tidung yang berjumlah 26 orang yang terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 12 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan membaca awal siswa. Peningkatan keterampilan membaca awal pada siswa kelas II dapat dilihat berdasarkan presentase ketuntasan klasikal dan capaian nilai rata-rata meningkat dari pra penelitian hanya 38% dengan nilai rata-rata 63,3, meningkat sebesar 16% pada siklus I menjadi 54% dengan nilai rata-rata 69,6 dengan kategori Cukup baik. Pada siklus II meningkat sebesar 31% menjadi 85% dengan nilai rata-rata 76,11 dengan kategori baik. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Sylaba berbasis media flash card dapat meningkatkan kemampuan membaca awal siswa kelas II SDN Tidung.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jppsd

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL INI MENERBITKAN HASIL PENELITIAN DALAM BIDANG PENDIDIKAN DASAR BAIK TERKAIT PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, PENDEKATAN PEMBELAJARAN, STRATEGI PEMBELAJARAN, EVALUASI PEMBELAJARAN DAN METODE DALAM PEMBELAJARAN SEKOLAH ...