Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Ilmiah
Vol 9 No 2 (2024): Juli-Desember

Inovasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Menanggapi Tantangan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar

Jamila, Isnaini Fauzia (Unknown)
Umam, Mochammad Mushoddakul (Unknown)
Rizal, Moh. Ahsan Shohifur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ragam model dan pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dapat diimplementasikan pada pendidikan inklusi di sekolah dasar. Penelitian ini dilandasi oleh temuan peneliti bahwa tidak semua sekolah dasar mengetahui dan memahami pelaksanaan pendidikan agama Islam pada siswa inklusi dan tujuannya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan inovasi kepada guru Pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran pada siswa inklusi di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif studi Pustaka, yang mana peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber data kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan agama Islam pada siswa inklusi di sekolah dasar penting untuk difahami dan dicermati, implementasi pendidikan agama Islam pada siswa inklusi di sekolah dasar dapat menggunakan berbagi model pembelajaran, yakni : pembelajaran diferensial, pembelajaran kolaborasi tim, penggunaan teknologi pada pendidikan inklusif dan pembelajaran karakter berbasis proyek. Beragam model ini dinilai memiliki nilai efektifitas dan efisiensi jika diimplementasikan pada siswa inklusi di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap diskursus pendidikan inklusi dengan menawarkan wawasan praktis dan praktik pembelajaran adaptif PAI yang relevan bagi pendidik dan pembuat kebijakan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

tarbiyatuna

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

TARBIYATUNA: Jurnal Pendidikan merupakan jurnal yang diterbitkan oleh STIT Ibnu Sina Malang. Jurnal ini diterbitkan dua kali dalam setahun, baik dalam versi cetak maupun online. Jurnal ini memuat manuskrip ilmiah pada Pendidikan Islam secara umum, dengan topik dan scope kajian: Pendidikan Agama ...