Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui ragam model dan pendekatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang dapat diimplementasikan pada pendidikan inklusi di sekolah dasar. Penelitian ini dilandasi oleh temuan peneliti bahwa tidak semua sekolah dasar mengetahui dan memahami pelaksanaan pendidikan agama Islam pada siswa inklusi dan tujuannya. Penelitian ini dilakukan untuk memberikan inovasi kepada guru Pendidikan agama Islam dalam pelaksanaan pembelajaran pada siswa inklusi di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode kualitatif studi Pustaka, yang mana peneliti mengumpulkan data dari berbagai sumber data kepustakaan. Hasil dari penelitian ini adalah pendidikan agama Islam pada siswa inklusi di sekolah dasar penting untuk difahami dan dicermati, implementasi pendidikan agama Islam pada siswa inklusi di sekolah dasar dapat menggunakan berbagi model pembelajaran, yakni : pembelajaran diferensial, pembelajaran kolaborasi tim, penggunaan teknologi pada pendidikan inklusif dan pembelajaran karakter berbasis proyek. Beragam model ini dinilai memiliki nilai efektifitas dan efisiensi jika diimplementasikan pada siswa inklusi di sekolah dasar. Penelitian ini memberikan kontribusi terhadap diskursus pendidikan inklusi dengan menawarkan wawasan praktis dan praktik pembelajaran adaptif PAI yang relevan bagi pendidik dan pembuat kebijakan.
Copyrights © 2024