Pendidikan Islam menghadapi tantangan dan peluang di era globalisasi dan otonomi daerah. Globalisasi membawa perubahan sosial, budaya, dan teknologi yang memengaruhi system pendidikan Islam, menuntut adaptasi tanpa mengorbankan nilai-nilai fundamentalnya. Sementara itu, otonomi daerah memberikan kewenangan bagi pemerintah daerah dalam mengelola pendidikan, yang dapat menciptakan kesenjangan kualitas antar wilayah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan dan peluang pendidikan Islam serta merumuskan strategi agar tetap relevan dan adaptif terhadap perkembangan zaman. Metode yang digunakan adalah penelitian kepustakaan (library research), dengan menganalisis berbagai sumber literatur terkait. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan Islam perlu mengoptimalkan pemanfaatan teknologi, memperbarui kurikulum, serta meningkatkan peran guru dalam menghadapi tantangan global. Selain itu, diperlukan sinergi antara lembaga pendidikan, keluarga, dan masyarakat untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif. Implikasi penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi pendidik, pengambil kebijakan, dan masyarakat dalam mengembangkan pendidikan Islam yang inklusif, moderat, dan berbasis teknologi guna menghadapi dinamika global secara efektif
Copyrights © 2025