Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan media Virtual Reality (VR) Haji dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fikih di MTs Muslimat NU. Penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design, melibatkan 18 siswa kelas IX yang dibagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Kelompok eksperimen menggunakan media VR Haji, sementara kelompok kontrol menggunakan metode konvensional. Hasil uji statistik menunjukkan peningkatan signifikan pada nilai post-test kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol (rata-rata peningkatan 4,944 poin; p < 0.05). Selain itu, penggunaan VR juga meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa terhadap materi manasik haji. Dengan demikian, penggunaan media VR Haji terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa serta dapat menjadi alternatif pembelajaran interaktif dalam pendidikan agama Islam. Disarankan agar madrasah mulai mengintegrasikan media berbasis teknologi, khususnya VR, dengan menyediakan pelatihan guru dan perangkat yang memadai
Copyrights © 2025