An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman
Vol. 2 No. 1 (2022): Mei 2022

Prosedur Pengembangan dan Karakteristik Assesment dalam Pembelajaran

Nasucha, Juli Amaliya (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2022

Abstract

Konsep belajar dan pembelajaran punya pengaruh terhadap assesment. Perancangan Pendidikan Islam sangat berarti terhadap cara pandang guru/dosen tentang desain pembelajaran, praktik pembelajaran dan tentu saja assesmen pembelajaran.Assessment merupakan langkah yang perlu dilalui guru atau pendidik dalam melakukan penilaian. Prosedur penilaian yang dilakukan guru paling tidak akan mengarahkan proses penilaian yang lebih terarah dan teratur. Konsep dan kegunaan ragam jenis assesment bisa berupa yang terstandar maupun tidak terstandar. Penentuan spesifikasi alat asesment sesuai dengan informasi yang akan dikumpulkan. Pendidik harus memiliki kemampuan dalam membimbing dan memberikan masukan kepada pihak terkait dalam menentukan strategi assesment yang tepat. Artikel ini mencoba menelusuri seberapa besar penguasaan pengetahuan dan keterampilan pendidik dalam mengakses proses dan hasil belajar, selayaknya para guru di sekolah dan dosen di perguruan tinggi memadukan berbagai pendekatan (behaviorisme dankonstruktivisme) dalam melaksanakan assesment proses dan hasil pembelajarannya.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

an-nafah

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

An-Nafah: Jurnal Pendidikan dan Keislaman focuses on issues found in the field of Islamic Education and Islamic Studies both as material objects and or as formal objects. We invite scientists, academics, researches, practitioners, and observers in the field of Islamic Education and Islamic Studies ...