Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal)
Vol. 11 No. 1 (2025): JUNE 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Sekolah Dasar

Nomensen, Feliando (Unknown)
Nasution, Yusra (Unknown)
Lubis, Wildansyah (Unknown)
Hatmi, Edizal (Unknown)
Perangin Angin , Laurensia M (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini didasari oleh rendahnya hasil belajar IPAS siswa kelas IV SDN 174552 Tambunan. Hal ini disebabkan oleh proses pembelajaran yang bersifat konvensional yang berpusat kepada guru, kurangnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran serta minimnya integrasi kearifan lokal dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran role playing berbasis kearifan lokal yang didasarkan oleh teori belajar konstruktivisme yang menekankan proses pembelajaran yang berpusat kepada peserta didik dengan membangun pengetahuan melalui pengalaman dan interaksi sosialnya. Penelitian ini menggunakan desain nonequivalent control group dengan sampel 46 peserta didik (kelas eksperimen 22 peserta didik dan kelas kontrol 24 peserta didik). Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah diuji cobakan. Data dianalisis menggunakan uji normalitas (Shapiro-Wilk), homogenitas (Levene), dan uji hipotesis (Paired Sample T-Test). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing berbasis kearifan lokal berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar IPAS (nilai sig. 0,001 < 0,05). Nilai rata-rata postest kelas eksperimen (84,09) lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata kelas kontrol (60,42). Temuan ini menunjukkan bahwa model pembelajaran role playing berbasis kearifan lokal dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAEDAGOGI

Publisher

Subject

Education Other

Description

Paedagogi: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (e-journal) current issues and issues about study of educational science, development of learning models, digital technologies in education, innovative learning environments, adaptive learning, gamified leaning, and results of research in the field of ...