Penelitian ini bertujuan mengevaluasi pembelajaran berbasis keteramilan dan membuat model evaluasi yang baik di terapkan di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Amanah, Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan model pembelajaran berbasis keterampilan lokal terintegrasi melalui kesejahteraan masyarakat miskin pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Amanah. (2) mengetahui kelayakan model pembelajaran berbasis pemberdayaan terintegrasi kesejahteraan masyarakat miskin pada Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Amanah, dan (3) mengembangkan kemampuan Kewirausahaan lulusan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Amanah melalui pembelajaran berbasis keterampilan lokal terintegrasi kesejahteraan masyarakat miskin. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan desain Borg & Gall (research and information collecting, develop preliminary form of product, main field testing, final product revision). Validasi produk dilakukan oleh dua (2) dosen ahli Pendidikan Masyarakat dan satu dosen ahli Pembangunan Masyarakat satu (1) ahli Kesehatan Masyarakat. Subjek dalam penelitian ini adalah pengurus yayasan dan Fasilitator serta peserta didik/siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Generasi Amanah. Pengumpulan data pada penelitian melalui observasi, angket, dan tes tertulis. Analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kuantitatif.
Copyrights © 2025