Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung
Vol 11, No 4 (2023): DESEMBER 2023 - JANUARI 2024

Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Teorema Phytagoras

Setiawati, Santy (Unknown)
Coesamin, M. (Unknown)
Asnawati, Rini (Unknown)
Suryadinata, Nurain (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

This study aims to describe the junior High School Students’ Mathematical Representation Ability on the Topic of Pythagoras. Qualitative research was used in this study with a descriptive approach. The subject of this study were 28 students at eighth grade from SMP Xaverius 4 Bandar Lampung. The instrument used in this study was mathematical representation ability test. The mathematical representation ability test was prepared based on indicators of mathematical representation ability. This result of this study showed that the indicator of mathematical representation ability mastered by students was solving problems involving mathematical expressions correctly at 88.1%. Several learning models and interactive teaching materials are needed to improve mathematical representation abilities. Keywords: junior high school students; mathematical representation; phytagoras theorem AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi Teorema Phytagoras. Penelitian kualitatif digunakan dalam penelitian ini dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 28 siswa SMP kelas VIII SMP Xaverius 4 Bandar Lampung. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes kemampuan representasi matematis. Instrumen tes kemampuan representasi matematis yang digunakan sesuai dengan indicator kemampuan representasi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa indicator representasi matematis yang dikuasai oleh siswa adalah indicator menyelesaikan masalah dengan melibatkan ekspresi matematis dengan benar, dimana persentase siswa yang dapat menyelesaikan masalah teorema phytagoras sebesar 88,1%. Diperlukan beberapa model pembelajaran dan bahan ajar interaktif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis. Kata Kunci: representasi matematis ; siswa SMP; teorema phytagoras  DOI: http://dx.doi.org/10.23960/mtk/v11i4.pp287-298

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

MTK

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung menerima artikel ilmiah terkait penelitian di bidang pendidikan matematika yang meliputi: 1. Kurikulum Pendidikan Matematika 2. Metode Pembelajaran Matematika 3. Media Pembelajaran Matematika 4. Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi dan Informasi ...