Penelitian ini menganalisis strategi penerapan prinsip-prinsip sosiologi pendidikan Islam di Universitas Nurul Huda (UNUHA) Ogan Komering Timur dalam membentuk lingkungan akademik yang religius, inklusif, dan berkeadaban. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dengan dosen dan mahasiswa, serta studi dokumentasi kebijakan kampus. Analisis tematik mengungkapkan bahwa UNUHA mengintegrasikan prinsip interaksi simbolik, kesetaraan sosial, dan nilai-nilai keislaman melalui pengembangan kurikulum berbasis nilai, kegiatan kemahasiswaan yang partisipatif, dan tata kelola kelembagaan yang inklusif. Penerapan strategi ini berdampak positif terhadap kualitas pendidikan, pembentukan karakter mahasiswa yang berintegritas dan moderat, serta dinamika interaksi sosial yang harmonis antar civitas akademika. Penelitian ini merumuskan rekomendasi strategis untuk penguatan implementasi sosiologi pendidikan Islam demi keberlanjutan misi institusi.
Copyrights © 2025