Sistem sosial pendidikan Islam merupakan tatanan yang mengatur interaksi dan hubungan sosial dalam proses pendidikan berdasarkan nilai, prinsip, dan ajaran Islam. Oleh karena itu, kajian ini dilakukan dengan tujuan menganalisis bentuk, fungsi, dan dinamika sistem sosial pendidikan Islam pada masyarakat Lahat, Sumatera Selatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif dengan metode kajian pustaka dan observasi sosial terhadap aktivitas keagamaan masyarakat. Hasil kajian menunjukkan bahwa sistem sosial pendidikan Islam di Lahat terbentuk melalui integrasi antara nilai agama, budaya lokal, dan praktik sosial masyarakat. Tiga pilar utama sistem ini adalah keluarga, lembaga pendidikan, dan masyarakat, yang berinteraksi secara sinergis dalam pembinaan moral, spiritual, dan sosial. Selain itu, peran tokoh agama dan lembaga sosial keagamaan memperkuat keberlanjutan nilai-nilai Islam di tengah modernisasi dan globalisasi. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa pendidikan Islam di Lahat tidak hanya berlangsung di lembaga formal, namun juga di ruang sosial masyarakat sebagai sistem nilai yang hidup.
Copyrights © 2025