Masalah penelitian adalah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa materi barisan dan deret aritmatika. Tujuan penelitian aadalah 1) Untuk mengetahui pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dan 2) Untuk Mengetahui Pembelajaran Menggunakan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Etnomatetika Mampu Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa di kelas X SMK Negeri 4 Padangsidimpuan, Alat pengumpul data adalah tes. Lokasi dari penelitian ini adalah di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan dan Penelitian ini akan dilaksanakan selama kurang dari 3 bulan di kelas X SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Teknik analisis data penelitian adalah analisis tes belajar siswa. Jenis penelitian adalah kuantitatif. Hasil penelitian adalah terdapat pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dapat dilihat dari hasil pengujian hipotesis didapat thitung ttabel, dimana Ho ditolak dan Ha diterima, yaitu thitung = 0,518 ttabel 0,12, sehingga hipotesis kerja yang digunakan diterima yaitu pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa meningkat dengan memakai Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis etnomatematika materi barisan dan deret aritmatika dapat dilihat dari hasil rata-rata pretes siswa diperoleh sebesar 32,12 dan rata-rata postes meningkat menjadi 80,53.
Copyrights © 2024