Bahasa Indonesia merupakan salah satu bahasa resmi negara yang digunakan oleh masyarakat Indonesia. Melalui bahasa masyarakat mampu menyampaikan ide ataupun informasi bahkan adanya kemampuan untuk menciptakan keterkaitan antar sesama. Penelitian ini bertujuan melihat kesalahan penulisan media dalam ruang khususnya pada banner dan brosur makanan di lantai 2 Pasar Gede Solo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data yakni teknik dokumentasi dan catat. Objek penelitian berupa media dalam berupa banner dan brosur makanan di lantai 2 Pasar Gede Solo. Dalam analisisnya peneliti menganalisis dan mengategorikan dalam 3 jenis kesalahan berbahasa. Penelitian ini menghasilkan adanya 3 jenis kesalahan berbahasa, yakni 4 kesalahan penulisan kata tidak baku, 5 kesalahan penulisan tanda baca, dan 7 kesalahan istilah asing. Kesalahan tersebut paling banyak terjadi pada kesalahan penulisan bahasa asing.
Copyrights © 2024