Jurnal Ilmiah Edunomika (JIE)
Vol. 8 No. 1 (2024): EDUNOMIKA

PENINGKATAN KINERJA KEUANGAN UMKM DI INDONESIA MELALUI LITERASI KEUANGAN DAN INKLUSI KEUANGAN

Putri, Desyana (Unknown)
Harahap, Ida (Unknown)
Sugiarti, Sri (Unknown)
Efendi, Bahtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya meningkatkan kinerja keuangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh literasi keuangan dan inklusi keuangan terhadap peningkatan kinerja keuangan UMKM. Metode penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian merupakan pemilik dan pengelola UMKM di Indonesia. Metode pengumpulan data menggunakan teknik non-probability sampling dengan menggunakan kuesioner menggunakna google form. Instrumen yang digunakan telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan uji asumsi klasik dan regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Literasi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM dan 2) Inklusi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM, dan 3) Literasi keuangan dan inklusi keuangan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan UMKM. Hasil penelitian ini mengisyaratkan bahwa jika UMKM ingin meningkatkan kinerja keuangan maka harus meningkatkan literasi keuangan dan inklusi keuangan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jie

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education

Description

Jurnal Ilmiah EDUNOMIKA dengan ISSN 2598-1153, diterbitkan 2 (dua) kali setahun (Pebruari dan Agustus) oleh LPPM STIE AAS Surakarta bekerjasama dengan Pusat Kajian Pendidikan dan Ekonomi (PUSKAPE), Yayasan Keluarga Muslim Al Azarul Ulum Sukoharjo. Terbit pertama pada bulan Pebruari 2017. Redaksi ...