Urgensi dari penelitian ini adalah untuk menjawab tantangan dalam pembelajaran biologi yang sering dianggap sulit dipahami oleh siswa karena banyaknya konsep abstrak dan materi yang kompleks. Inovasi teknologi seperti Augmented Reality (AR) diyakini dapat menjadi solusi efektif untuk membantu siswa dalam memvisualisasikan konsep-konsep biologi secara lebih nyata dan interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran inovasi teknologi AR dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep biologi pada siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Bone. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan jenis pre-eksperimental menggunakan desain one group pre-test dan post-test. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA 3 yang berjumlah 26 orang, dipilih dengan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui hasil pre-test, post-test, serta dokumentasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa nilai signifikansi uji t berpasangan sebesar 0,00 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara hasil pre-test dan post-test. Dengan demikian, penggunaan teknologi Augmented Reality terbukti berperan dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami konsep biologi, sehingga dapat dijadikan alternatif media pembelajaran inovatif yang mendukung peningkatan kualitas pendidikan.
Copyrights © 2025