Urgensi penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA di SMP Negeri 1 Wainggai menunjukkan adanya kebutuhan mendesak untuk menemukan solusi pembelajaran yang lebih efektif dan menarik. Tujuan dari penelitian ini yaitu adalah untuk memberikan gambaran secara umum tentang bagaimana pola pembelajaran kooperatif jenis Numbered Heads Together yang dibantu oleh buku tugas dengan Lembar Kerja Peserta Didik, dan Teka Teki Silang berfungsi dan bagaimana output belajar siswa meningkat setelah penerapan model dan media pembelajaran tersebut. Studi ini melibatkan siswa SMP Negeri 1 Wainggai yang berada di kelas VIII (Delapan). Alat pengumpulan data yang digunakan termasuk wawancara dan tes tertulis. Hasil dari penelitian ini telah membuktikan peningkatan yang sangat signifikan dalam hasil belajar kognitif, sebesar dua puluh persen pada prasiklus pertama; kegiatan siklus I dianggap sangat baik dengan nilai enam puluh persen dan kegiatan siklus II dianggap sangat baik dengan nilai delapan puluh persen. Oleh karena dengan hal itu, maka dapat dinyatkan bahwa hasil dari belajar siswa di kelas VIII (Dalapan) SMP Negeri 1 Wainggai dapat ditingkatkan dengan cara menggunakan pola pembelajaran jenis Numbered Heads Together dan dengan bantu oleh buku yang dilengkapi dengan Lembar Kerja Peserta Didik dan Teka Teki Silang.
Copyrights © 2025