Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan administrasi kesiswaan sebagai implementasi mata kuliah Administrasi Pendidikan di MI Daarul Hikmah. Kegiatan dilaksanakan pada Oktober 2025 oleh mahasiswa semester lima Fakultas Tarbiyah, Prodi PBA, INISA Bekasi. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif melalui observasi, wawancara, dan telaah dokumen. Hasil menunjukkan bahwa administrasi kesiswaan telah berjalan cukup baik dan sistematis. Seluruh siswa terdaftar dalam sistem DAPODIK, meskipun pencatatan manual masih dilakukan sebagai arsip. Layanan siswa difasilitasi oleh staf khusus bidang kesiswaan dan BK, sementara pengembangan siswa difokuskan pada kegiatan ekstrakurikuler Islami seperti tahfidz, pramuka, dan seni Islami. Pelaksanaan PPDB berjalan tertib dan transparan, namun masih terkendala daya tampung dan promosi sekolah. Secara umum, praktik administrasi kesiswaan telah mencerminkan prinsip efisiensi, akuntabilitas, dan keterbukaan, meski perlu peningkatan dalam digitalisasi data dan komunikasi publik.
Copyrights © 2025