RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 9, No 1 (2024): RISTEKDIK: JURNAL BIMBINGAN DAN KONSELING - JANUARI-MARET 2024

EFEKTIVITAS KONSELING INDIVIDU TEKNIK EXPRESSIVE WRITING THERAPY DALAM MENINGKATKAN SELF ACCEPTANCE SISWA KELAS VIII A MTS BUSTANUL ULUM PANTI

Jamaliyah, Latifatul (Unknown)
Mutakin, Fakhruddin (Unknown)
Karamoy, Yurike Kinanthy (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Feb 2024

Abstract

Self acceptance merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan oleh setiap siswa terutama dalam proses aktualisasi dirinya. Peneliti melakukan penelitian awal menggunakan metode angket di kelas VIII A MTs Bustanul Ulum Panti dan diperoleh data bahwa sekitar 15 siswa memiliki tingkat self acceptance tinggi, 9 siswa memiliki tingkat self acceptance sedang, dan 2 siswa memiliki tingkat self acceptance rendah yang selanjutnya 2 siswa ini menjadi sampel pada penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efektivitas Konseling Individu Teknik Expressive writing therapy Dalam Meningkatkan Self acceptance Siswa VIII A MTs Bustanul Ulum Panti. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Prosedur yang digunakan yaitu pengukuran yang dilakukan dua kali pada pretest dan posttest menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pretest dari sampel penelitian yaitu 45.80. Sedangkan pada posttest nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 80.00. Hal tersebut membuktikan bahwa self acceptance siswa dapat meningkat dengan memberikan konseling individu teknik expressive writing therapy.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Ristekdik

Publisher

Subject

Education

Description

RISTEKDIK : Jurnal Bimbingan dan Konseling diterbitkan dua kali setahun sebagai media publikasi ilmiah dalam pengkajian dan pengembangan Ilmu Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ristekdik memuat tulisan ilmiah berupa artikel konseptual, hasil penelitian maupun isu-isu aktual yang relevan dalam bimbingan ...