Self acceptance merupakan salah satu aspek yang sangat dibutuhkan oleh setiap siswa terutama dalam proses aktualisasi dirinya. Peneliti melakukan penelitian awal menggunakan metode angket di kelas VIII A MTs Bustanul Ulum Panti dan diperoleh data bahwa sekitar 15 siswa memiliki tingkat self acceptance tinggi, 9 siswa memiliki tingkat self acceptance sedang, dan 2 siswa memiliki tingkat self acceptance rendah yang selanjutnya 2 siswa ini menjadi sampel pada penelitian ini. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Efektivitas Konseling Individu Teknik Expressive writing therapy Dalam Meningkatkan Self acceptance Siswa VIII A MTs Bustanul Ulum Panti. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Prosedur yang digunakan yaitu pengukuran yang dilakukan dua kali pada pretest dan posttest menggunakan angket. Berdasarkan hasil penelitian, nilai rata-rata pretest dari sampel penelitian yaitu 45.80. Sedangkan pada posttest nilai rata-rata yang diperoleh yaitu 80.00. Hal tersebut membuktikan bahwa self acceptance siswa dapat meningkat dengan memberikan konseling individu teknik expressive writing therapy.
Copyrights © 2024