Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan siswa dalam menguasai Metode Pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Pendekatan yang dipilih untuk penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sebanyak 7 kelas berjumlah siswa  230 orang dan sampel dari kelas XI MIA-2 sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes dengan variabel X sebanyak 10 soal dan variabel Y sebanyak 5 soal melalui rumus korelasi “r†product moment pearson. Menurut analisis tersebut, skor untuk variabel X nilai tertinggi 90 dan terendah 60, dengan nilai rata-rata 79,70. Sedangkan skor tertinggi 90 dan terendah 70 dengan nilai rata-rata 82,05 untuk variabel Y. Nilai yang terdapat pada tabel hubungan “r†product moment pearson  diperoleh 0.567 sehingga bila dibandingkan dengan  yaitu (0,567 0,349) maka hipotesis dalam penelitian diterima. Hasil tersebut membuktikan adanya pengaruh yang signifikan dari pemilihan metode pembelajaran Mind Map terhadap kemampuan menulis teks eksplanasi sehingga Ha diterima dan Ho ditolak.
Copyrights © 2024