LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra
Vol 9, No 2 (2024): LINGUISTIK: Jurnal Bahasa dan Sastra

KEMAMPUAN PENGGUNAAN KATA PELENGKAP ARAH “LAI” DAN “QU” PADA SISWA KELAS XII SMA YOS SUDARSO MEDAN

-, Karina (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2024

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan penggunaan kata pelengkap arah “lai” dan “qu” pada siswa kelas XII SMA Yos Sudarso Medan. Adapun rancangan penelitian yang digunakan pada penelitian ini berupa deskriptif kuantitatif dengan teknik simple random sampling yang menarik 20 sampel dari populasi yang berjumlah 77 orang siswa. Instrumen serta teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan memberikan soal tes kepada sampel. Hasil penelitian kemampuan menggunakan kata pelengkap arah “lai” menunjukan sebanyak 4 siswa ( 20%) dikategorikan sangat baik, 2 siswa (10%)  dikategori baik, 2 siswa (10%) dikategori cukup dan 12 siswa (60%) dikategori kurang. Dari hasil analisis statistik juga diperoleh nilai rata-rata 52 yang artinya secara umum rata-rata kemampuan siswa kelas XII SMA Yos Sudarso Medan masih termasuk kategori kurang dalam menggunakan kata pelengkap arah “lai”.  Sedangkan hasil penelitian kemampuan kata pelengkap arah “qu” menunjukan sebanyak 2 siswa (10%) dikategori sangat baik, 2 siswa (10%) dikategori baik, 3 siswa (15%) dikategori cukup dan 13 siswa (65%) dikategori kurang. Dari hasil analisis statistik juga diperoleh nilai rata-rata 48 yang artinya secara umum rata-rata kemampuan siswa kelas XII SMA Yos Sudarso Medan masih termasuk kategori kurang dalam menggunakan kata pelengkap arah “qu”. Dengan demikian, kemampuan siswa kelas XII SMA Yos sudarso Medan tergolong kurang fasih menggunakan. ABSTRACTThe research aims to know and determine their ability of using the complementary words “Lai” and “Qu” in the 12th class at SMA Yos Sudarso Medan. Using Quantitative descriptive research design with simple random sampling technique which 20 samples from 77 students. By giving question tests to 20 samples, the results of research on their ability of using the complementary words “Lai” and “Qu”, there are 4 students (20%) were categorized as very good ability, 2 students (10%) were categorized as good ability, 2 students (10%) were categorized as sufficient ability and 12 students (60%) were categorized as poor ability. From the results of the statistical analysis, an average score of 52 was also obtained, which means that in general the average ability of class Meanwhile, the results of research on the ability of the complementary word "Qu" showed that 2 students (10%) were in the very good ability, 2 students (10%) were in the good ability, 3 students (15%) were in the fair ability and 13 students (65%) were in the poor ability. From the results of the statistical analysis, an average score of 48 was also obtained, which means that in general the average ability of class.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Linguistik

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

LINGUISTIK : Jurnal Bahasa dan Sastra berisi artikel-artikel ilmiah tentang bahasa, sastra, linguistik, dan hubungannya dengan pengajaran, baik yang ditulis dalam bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Artikel yang dimuat berupa kajian dan aplikasi teori, hasil penelitian, dan pembahasan ...