Jurnal Pendidikan West Science
Vol 2 No 01 (2024): Jurnal Pendidikan West Science

Analisis Hasil Belajar Penggunaan Video Pembelajaran Pada Mata Kuliah Mekanika Teknik 1 Berdasarkan Gender Di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan Universitas Negeri Jakarta

Nabila, Abir (Unknown)
Anisah, Anisah (Unknown)
Handoyo, Santoso Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan hasil belajar pada mata kuliah Mekanika Teknik 1 menggunakan video pembelajaran berdasarkan gender. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan yang sedang mengambil mata kuliah Mekanika Teknik 1 pada semester ganjil tahun akademik 2023/2024 dengan sampel penelitian yang berjumlah 87 mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar (pretest dan posttest). Analisis data yaitu dengan menghitung rata-rata hasil pretest dan posttest. Dari hasil analisis tersebut pada nilai rata-rata pretest laki-laki 84,26 dan perempuan 78,23. Sedangkan nilai rata-rata posttest yaitu untuk laki-laki 92,16 dan untuk perempuan 90,08. Maka, dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar mahasiswa laki-laki lebih besar daripada mahasiswa perempuan pada mata kuliah Mekanika Teknik 1 Pendidikan Teknik Bangunan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpdws

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Pendidikan diterbitkan oleh Westscience Press, Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang ilmu pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil penelitian atau pemikiran bidang pendidikan yang dilakukan oleh peneliti, guru, dan ...