NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 12, No 4 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

TRANSFORMASI DIGITAL USAHA KECIL: STUDI KASUS PEMASARAN MEDIA SOSIAL TOKO ROTI LOKAL

jalil, Fajrianto (Unknown)
Maria Fatimah, Jeanny (Unknown)
Bahfiarti, Tuti (Unknown)
Ikhwan, Fadeliyah (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2025

Abstract

Transformasi digital telah menjadi faktor kunci dalam strategi pemasaran Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk meningkatkan daya saing di era digital. Penelitian ini menganalisis pemanfaatan media sosial, khususnya Instagram, dalam mendukung pemasaran digital pada UMKM, dengan studi kasus pada Sakinah Cake Bakery di Luwu Timur. Menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi strategi pemasaran digital, tantangan yang dihadapi, serta dampak transformasi digital terhadap pertumbuhan bisnis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media sosial dapat meningkatkan brand awareness, keterlibatan pelanggan, dan volume penjualan melalui strategi visualisasi produk, interaksi pelanggan, serta promosi berbasis konten. Namun, tantangan seperti keterbatasan anggaran, kurangnya pemahaman teknis, dan persaingan dengan bisnis konvensional masih menjadi hambatan utama dalam implementasi strategi pemasaran digital. Studi ini memberikan kontribusi akademik dalam memahami peran media sosial dalam transformasi digital UMKM serta rekomendasi strategis bagi pelaku usaha dalam mengoptimalkan pemasaran berbasis digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...