Motivasi belajar siswa memiliki peran utama dalam keberhasilan proses pendidikan. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi upaya guru di SD Negeri 08 Kepahiang dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Metode penelitian kualitatif digunakan dengan wawancara mendalam dan observasi sebagai alat pengumpulan data. Faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar, seperti kualitas pengajaran, dukungan orang tua, dan minat siswa, diidentifikasi sebagai landasan untuk menggambarkan upaya guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru di sekolah ini telah menerapkan metode pembelajaran interaktif, memberikan umpan balik konstruktif, dan melibatkan orang tua dalam proses pembelajaran. Melalui penerapan strategi ini, siswa menunjukkan peningkatan dalam keterlibatan aktif dan minat terhadap pembelajaran. Penggunaan metode interaktif membantu meningkatkan keterlibatan siswa, sementara umpan balik konstruktif memberikan dorongan positif. Keterlibatan orang tua menciptakan dukungan tambahan di lingkungan rumah, mendukung dan memperpanjang motivasi belajar siswa di luar kelas. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, karena segala sesuatu yang diteliti diperoleh dari (library research) perpustakaan.Penelitian ini menggunakan data dari makalah, jurnal, bahkan manuskrip yang ada hubungannya dengan masalah dalam penelitian ini sebagai sumber datanya. Dapat ditarik kesimpulan bahwa upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dalam penelitian ini dilandasi oleh nilai-nilai karakter yang bersumber dari agama, pancasila, budaya, dan tujuan pendidikan nasional yaitu religius, jujur, toleran, disiplin, pekerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, menghargai prestasi. , ramah/komunikatif, cinta damai, peduli sosial, dan bertanggung jawab. Upaya guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SD Negeri 08 Kepahiang.
Copyrights © 2024