Berdasarkan hasil kegiatan pengumpulan data, pengolahan data, dan analisa data tes hasil observasi aktivitas belajar peserta didik untuk penerapan semboyan bhinneka tunggal ika di kalangan pelajar dalam meningkatkan toleransi antar pelajar memiliki nilai rata-rata sebesar 3,33 dan standar deviasi 0,49 sedangkan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 2,98 dan standar deviasi 0,32. Berdasarkan hasil perolehan data terlihat adanya perbedaa. Dari hasil kegiatan pengumpulan data, pengolahan data dan analisa data tes hasil belajar peserta didik untuk penerapan semboyan bhinneka tunggal ika di kalangan pelajar dalam meningkatkan toleransi antar pelajar memiliki nilai rata-rata sebesar 74,68 dan standar deviasi 77,81. Sedangkan pembelajaran konvensional memiliki rata-rata 62,81 dan standar deviasi 67,05. Berdasarkan perolehan data terlihat adanya perbedaan. Kemudian jika dilihat dari hasil standar deviasi gabungan 10,26 dan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,93 dan tÂtabel = 2,03 sehingga thitung ttabel. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan belajar peserta didik yang diberi penerapan semboyan bhinneka tunggal ika di kalangan pelajar dalam meningkatkan toleransi antar pelajar dan pembelajaran konvensional. Sehingga berdasarkan dari hasil tes siswa dan uji hipotesis maka dapat disimpulkan bahwa penerapan semboyan bhinneka tunggal ika di kalangan pelajar dalam meningkatkan toleransi antar pelajar lebih baik digunakan dari pada pembelajaran konvensional pada materi pokok keberagaman suku, agama, ras dan antar golongan peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Sosopan Tahun Pelajaran 2022-2023.
Copyrights © 2023