NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial
Vol 12, No 6 (2025): Nusantara : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial

STRATEGI PERENCANAAN PEMBELAJARAN: MEMAHAMI PENGERTIAN, FUNGSI, DAN PRINSIP UTAMA

Fariati, Betti (Unknown)
Harahap, Nasrun (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Perencanaan pembelajaran merupakan langkah awal yang sangat penting dalam proses pendidikan, yang bertujuan untuk mencapai tujuan pembelajaran secara efektif dan efisien. Jurnal ini bertujuan untuk mengkaji pengertian, fungsi, dan prinsip-prinsip perencanaan pembelajaran dalam konteks pendidikan. Perencanaan pembelajaran didefinisikan sebagai proses yang melibatkan penyusunan strategi, metode, dan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Fungsi perencanaan pembelajaran meliputi pengarahan proses belajar, pengelolaan waktu, peningkatan kualitas pembelajaran, serta memfasilitasi evaluasi dan refleksi. Selain itu, jurnal ini juga mengidentifikasi prinsip-prinsip utama dalam perencanaan pembelajaran, seperti keterlibatan siswa, relevansi materi, keberagaman pendekatan, fleksibilitas, dan evaluasi yang terintegrasi. Berdasarkan hasil analisis, dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran yang baik berkontribusi pada tercapainya tujuan pendidikan, meningkatkan efektivitas pembelajaran, dan memberikan pengalaman belajar yang lebih bermakna bagi siswa. Jurnal ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang lebih terstruktur dan relevan dengan kebutuhan siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

nusantara

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

NUSANTARA : Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial adalah suatu jurnal multidisiplin yang mencakup berbagai pokok persoalan dalam kajian ilmu-ilmu sosial dan humaniora. Secara khusus jurnal menaruh perhatian, namun tidak hanya terbatas, pada pokok-pokok persoalan tentang perkembangan ilmu pengetahuan sosial ...