JAMBURA: JURNAL ILMIAH MANAJEMEN DAN BISNIS
Vol 8, No 2 (2025): JIMB - VOLUME 8 NOMOR 2 SEPTEMBER 2025

ANALISIS EFEKTIVITAS STRATEGI PEMASARAN DIGITAL PADA MEDIA SOSIAL INSTAGRAM FORTUNATO CLASSIC BARBERS: PENERAPAN MODEL AISAS

Ramadhan, Muhammad Gema (Unknown)
Aryani, Reni (Unknown)
Lestari, Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini menganalisis efektivitas strategi pemasaran digital pada Instagram untuk Fortunato Classic Barbers dengan menggunakan model AISAS (Attention, Interest, Search, Action, Share). Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penerapan model AISAS dalam strategi pemasaran digital melalui Instagram pada Fortunato Classic Barbers serta mengukur efektivitasnya. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 100 responden untuk akun @classic_barbers dan 92 responden untuk akun @classic_courses. Alat analisis yang digunakan meliputi distribusi frekuensi, tabulasi silang (crosstabs), dan perhitungan rata-rata (mean) dengan menggunakan IBM SPSS Statistics Version 27.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model AISAS efektif, dengan nilai rata-rata pada setiap tahapan berada pada kategori 'baik' hingga 'sangat baik'. Terdapat juga peningkatan signifikan pada insight Instagram, seperti jumlah penonton hingga pengikut pada akun @classic_barbers dan @classic_courses. Selain itu, jumlah pelanggan barbershop meningkat, serta pendaftaran kursus rata-rata 3 peserta baru per bulan selama periode implementasi. Penelitian menyimpulkan bahwa model AISAS meningkatkan efektivitas pemasaran digital, memahami perilaku konsumen, meningkatkan kesadaran merek, engagement, dan loyalitas pelanggan, serta memberikan masukan berharga untuk pengembangan strategi pemasaran di masa depan pada industri barbershop.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIMB

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis Dirilis Pada Tahun 2018 dan akan terbit tiga kali setiap tahunnya yakni periode Mei, September, Januari. Memuat tulisan tentang hasil penelitian, literature review, dan kajian-kajian di bidang manajemen yaitu (manajemen SDM, manajemen keuangan, manajemen pemasaran, ...