Bioeducation Journal
Vol 9 No 1 (2025): Bioeducation Journal

Artikel Strategi Pembelajaran Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Modul Ajar Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup

dari, suci wulan (Unknown)
Faradina, Aulia (Unknown)
Safitri, Novi Amelia (Unknown)
Chanafi, Muhammad Irfandzi (Unknown)
Murtafiah, Himatul (Unknown)
Husna, Minhatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2025

Abstract

Modul ajar yang baik menjadi landasan utama dalam menciptakan pembelajaran yang bermakna bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar yang layak pada materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang meliputi tahap Define, Design, Develop dan Dissaminate. Subjek penelitian terdiri dari siswa kelas X-H sebanyak 18 orang yang dipilih menggunakan teknik random sampling serta guru yang terlibat dalam proses validasi. Data penelitian berupa nilai kognitif siswa dan instrumen validasi modul, yang dikumpulkan melalui tes hasil belajar dalam bentuk lembar pemahaman konsep siswa. Data dianalisis secara kuantitaif dengan software SPSS XXVII untuk mengukur efektivitas modul ajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan sudah melalui semua tahapan pengembangan dan revisi berdasarkan masukan validator, selain itu juga menunjukkan nilai rata-rata siswa 89,1 Dapat disimpulkan modul ajar ini layak diimplementasikan di kelas X, dan efektif dalam membantu siswa memahami konsep materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Dengan demikian, modul ajar diharapkan dapat berdampak positif dalam mendukung peningkatan pemahaman konsep siswa secara signifikan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bioedu

Publisher

Subject

Education Other

Description

This journal publishes original articles on the latest issues and trends occurring internationally in science (biology) curriculum, instruction, learning, policy, and preparation of science (biology) teachers with the aim to advance our knowledge of biology and science education theory and practice. ...