Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENGARUH PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA

Sahid, Sahid (Unknown)
Hamda, Hamda (Unknown)
Sumarni, Sumarni (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa. Menggunakan desain quasi-experimental dengan model pre-test post-test control group, sampel penelitian terdiri atas dua kelas VIII di SMPN 4 Bangkala Barat yang dipilih secara cluster random sampling. Hasil analisis menunjukkan tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar. Namun, baik siswa dengan motivasi tinggi maupun rendah menunjukkan hasil belajar matematika yang lebih tinggi ketika diajar menggunakan pembelajaran berdiferensiasi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional. Secara keseluruhan, pembelajaran berdiferensiasi terbukti lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...