Kegiatan pelatihan ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru MGMP Kimia SMA Kabupaten Takalar dalam merancang pembelajaran green chemistry berbasis studi kasus dengan capaian perangkat pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan menggunakan metode ceramah dalam pengenalan konsep dan prinsip dasar green chemistry kemudian melakukan analisis studi kasus lokal dan workshop pengembangan desain pembelajaran green chemistry dari hasil analisis studi kasus lokal di Kabupaten Takalar. Kegiatan melibatkan 13 guru yang dibagi menjadi 6 kelompok. Hasil analisis menunjukkan penguasaan sintaks studi kasus menjadi kompetensi tertinggi (4.69) yang menunjukkan efektivitas pendekatan kontekstual, kesiapan implementasi yang kuat tercermin dari kemampuan integrasi green chemistry ke RPP (4.62) dan keterampilan merancang pembelajaran (4.54), serta komitmen keberlanjutan tinggi, ditandai minat pelatihan lanjutan (4.54) dan peningkatan kompetensi pedagogi (4.46). Desain pembelajaran green chemistry berbasis studi kasus lokal secara signifikan memperkuat kemampuan praktik guru meskipun pemahaman konseptual perlu pendalaman lebih lanjut. Manfaat yang dapat dirasakan dari desain pembelajaran green chemistry adalah dapat menumbuhkan kesadaran bahwa limbah dapat diubah menjadi bahan ajar yang murah. Selain itu, memudahkan dalam kegiatan pembelajaran juga membantu memelihara lingkungan dan yang lebih utama adalah membangun kesadaran peduli lingkungan bagi guru dan peserta didiknya di sekolah.
Copyrights © 2025