Pendampingan penulisan karya ilmiah dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi menulis ilmiah siswa SMK melalui pengalaman praktik kerja lapangan, Permaslahan yang diidentifikasi adalah rendahnya kemampuan siswa dalam merumuskan laporan ilmiah yang sistematis akibat kurangnya panduan dan bimbingan yang memadai. Metode yang diterapkan mulai dari pembekalan teori penulisan ilmiah, lokakarya penulisan dan pelatihan praktik berbasis pengalaman lapangan, serta pendampingan intensif selama pelaksanaan praktik kerja. Hasil menunjukkan bahwa kemampuan menulis ilmiah siswa mengalami peningkatan signifikan dalam hal argumentasi , struktur, dan pennggunaan data lapangan. Kesimpulan yang didapatkan adalah bahwa penggabungan praktik kerja lapangan dengan pendampingan penulisan ilmiah dinilai efektif dalam meningkatkan kompetensi menulis ilmiah siswa SMK. Kata kunci : Penulisan Karya Ilmiah, Pendampingan, Kompetensi Menulis Ilmiah.
Copyrights © 2025