EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol 7, No 5 (2025): Oktober

Media Sosial sebagai Alat Pemasaran Jasa Pendidikan

Munawwaroh, Zahrotul (Unknown)
Safira, Tasya (Unknown)
Azhar, Tamara (Unknown)
Arianto, Muhammad Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Nov 2025

Abstract

Media Sosial saat ini bukan sekedar platform hiburan, tetapi menjadi salah satu media yang dapat digunakan untuk memasarkan pendidikan karena saat ini penggunaan media sosial sangat tinggi dikalangan masyarakat serta meningkatnya persaingan lembaga pendidikan dalam meningkatkan minat calon peserta didik. Selain itu, dengan media social jangkauan pelanggan jasa pendidikan akan semakin luas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas media sosial dalam meningkatkan branding sekolah dan bagaimana media sosial dapat menjadi alat promosi yang efektif dan optimal untuk mencapai target pemasaran yang telah ditentukan. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan studi dokumen. Temuan penelitian menunjukkan bahwa media sosial dapat dijadikan sebagai alat pemasaran karena terbukti dapat meningkatkan jangakaun pelanggan jasa pendidikan. Adapun media sosial yang digunakan oleh sekolah terdiri dari Instagram, tiktok, youtube. Media social tersebut. Dari platform tersebut Instagram dan tiktok efektif dalam menjangkau pelanggan, mampu membangun interaksi dengan audiens juga memperkuat citra sekolah. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan jumlah minat calon peserta didik, engagement rate yang tinggi. Media sosial sebagai alat pemasaran jasa pendidikan memiliki efesiensi dari segi biaya dibandingkan dengan pemasaran secara konvensional. Adapun rekomendasi dari penelitian ini terkait optimalisasi strategi dalam pengembangan konten yang lebih kreatif lagi guna meningkatkan keberhasilan pemasaran pendidikan melalui media sosial.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Fokus dan scope Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan meliputi hasil kajian ilmiah di bidang pendidikan baik yang dilakukan oleh guru, dosen maupun peneliti independent. Kajian tersebut meliputi, filsafat pendidikan, psikologi pndidikan, bimbingan dan konseling pendidikan, metodologi pendidikan, analisis ...