JURNAL PENDIDIKAN MIPA
Vol. 15 No. 4 (2025): JURNAL PENDIDIKAN MIPA

Tren Penelitian Deep Learning dalam Pendidikan Fisika: Analisis Bibliometrik dalam Satu Dekade Menggunakan Basis Data Scopus

Sulistia Ningsih (Unknown)
Irwandani, Irwandani (Unknown)
Widya Wati (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2025

Abstract

Perkembangan teknologi deep learning membuka peluang baru dalam pendidikan fisika untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran, terutama dalam memahami konsep abstrak melalui simulasi virtual. Namun, pemanfaatannya masih terbatas dan belum ada pemetaan secara komprehensif yang berfokus pada pendidikan fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tren penelitian terkait deep learning dalam pendidikan fisika selama satu dekade terakhir.  Metode analisis penelitian ini meliputi pertumbuhan publikasi dan sitasi tahunan, kontribusi penulis, afiliasi, dan negara, serta kata kunci dominan dan peluang topik penelitian. Prosedur penelitian ini dilakukan dengan analisis bibliometrik terhadap 90 dokumen terindeks scopus, dianalisis dengan Biblioshiny dan VOSviewer melalui tiga jenis visualisasi pada fitur co-occurence analysis. Hasil penelitian menunjukkan pertumbuhan publikasi yang terus meningkat signifikan, mengalami puncak publikasi terbanyak pada tahun 2023,  dan kutipan terbesar pada tahun 2019, dengan rata-rata pertumbuhan tahunan mencapai 17,46%,  kontribusi afiliasi institusi dari Universitas Michigan, dan negara produktif dari Amerika Serikat. Kata kunci paling dominan meliputi deep learning, students, learning systems, dan artificial intelligence. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan tren arah penelitian menuju integrasi teknologi digital dan pedagogi inovatif, dengan peluang riset masa depan pada mobile learning, chat-gpt augmented reality, dan blended learning berbasis kecerdasan buatan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpm

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan MIPA STKIP Taman Siswa Bima, terbit 2 kali setahun dengan edisi Januari–Juni dan Juli-Desember. Sebagai media informasi, pemikiran dan hasil penelitian yang berkaitan dengan pendidikan matematika dan ilmu pengetahuan ...