Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM) berperan penting sebagai platform pengembangan kepemimpinan dan karakter siswa di sekolah menengah pertama. Namun, banyak kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) yang belum optimal dalam penguatan nilai-nilai karakter, sehingga diperlukan pendampingan sistematis. Berangkat dari tantangan ini, kegiatan pengabdian bertujuan untuk menguatkan praktik kepemimpinan siswa melalui pendampingan LDK OSIM oleh mahasiswa MBKM di MTs Hidayatul Muhajirin Palangka Raya, yang berfokus pada penerapan nilai-nilai kepemimpinan di lapangan. Metode yang digunakan adalah pendampingan partisipatif yang menerapkan experiential learning melalui tahapan persiapan, orientasi, pelaksanaan (outbound leadership, simulasi pengambilan keputusan, dan dinamika kelompok), serta evaluasi dan pelantikan. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa pendampingan yang melibatkan mahasiswa sebagai fasilitator aktif berhasil menumbuhkan jiwa kepemimpinan, tanggung jawab, dan kolaborasi, terbukti dari respons positif dan antusiasme tinggi peserta. Secara keseluruhan, integrasi teori dan praktik melalui pendampingan LDK OSIM yang terstruktur menciptakan pembelajaran yang efektif dalam membentuk generasi pemimpin muda yang berkarakter.
Copyrights © 2025