Abstrak – Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan aplikasi Sparkol VideoScribe sebagai upaya mendukung proses belajar mengajar yang lebih menarik dan interaktif bagi guru di UPTD SD Negeri 128 Barru.. Subjek dalam penelitian ini adalah guru kelas di UPTD SD Negeri 128 Barru sebanyak 16 orang. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, serta dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan melalui Sparkol VideoScribe memenuhi kriteria kelayakan berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, dan respon pengguna. Media ini dinilai efektif dalam membantu guru menyampaikan materi secara visual dan menarik, serta meningkatkan minat belajar siswa. Dengan demikian, media berbasis video animasi ini layak digunakan sebagai alternatif pendukung pembelajaran di sekolah dasar.Kata kunci: Pengembangan media, Sparkol VideoScribe, Guru, Sekolah Dasar.
Copyrights © 2025