Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran
Vol. 5 No. 3 (2025): September-December 2025

Pengembangan Media Video Tutorial Membuat Pola Baju Basiba Mata Pembelajaran Keterampilan Vokasional Tata Busana untuk Siswa Disabilitas Tunarungu di SLB Negeri 1 Padang

Rahmi, Febriatul (Unknown)
Nelmira, Weni (Unknown)
Suci, Puji Hujria (Unknown)
Puspaneli, Puspaneli (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Nov 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media video tutorial interaktif pada mata pelajaran keterampilan vokasional tata busana, khususnya pembuatan pola baju kurung basiba bagi siswa disabilitas tunarungu di SLB Negeri 1 Padang. Pengembangan media ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan kemandirian belajar siswa melalui pendekatan visual yang adaptif terhadap karakteristik pembelajar tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, Disseminate). Subjek penelitian terdiri atas dua siswa tunarungu kelas XII SLB Negeri 1 Padang. Instrumen penelitian meliputi lembar validasi ahli materi, ahli media, dan kuesioner praktikalitas guru serta siswa. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif untuk menilai tingkat validitas dan kepraktisan media yang dikembangkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video tutorial interaktif dinilai sangat valid oleh ahli materi dan ahli media, serta sangat praktis berdasarkan penilaian guru dan siswa. Media ini efektif membantu siswa memahami langkah-langkah pembuatan pola baju kurung basiba, meningkatkan motivasi, dan mempermudah pembelajaran mandiri bagi siswa tunarungu. Penelitian ini terbatas pada uji coba kelompok kecil di SLB Negeri 1 Padang dan hanya mencakup materi pembuatan pola baju basiba, sehingga diperlukan pengembangan lanjutan dengan cakupan materi dan subjek yang lebih luas. Media video tutorial interaktif ini dapat dijadikan alternatif pembelajaran vokasional inklusif berbasis teknologi di sekolah luar biasa. Penelitian ini memberikan kontribusi orisinal melalui pengembangan media pembelajaran berbasis video interaktif yang mengintegrasikan pendekatan visual, teks, dan bahasa isyarat, disesuaikan dengan kebutuhan komunikasi siswa tunarungu dalam konteks pembelajaran keterampilan tata busana.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jrip

Publisher

Subject

Chemistry Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran (JRIP) adalah jurnal penelitian dan pengembangan kependidikan yang diterbitkan oleh Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia). Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian atau kajian kritis dibidang kependidikan dengan ...