Journal Creative Economics and Trading Halal Ecosystem
Vol. 3 No. 02 (2025): Journal CETHE November 2025 [in Progress]

Strategi Pemanfaatan E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Ekspor UMKM Craft di Indonesia

Prasojo, Aji (Unknown)
Lestari, Yogi Dwi (Unknown)
Murwani, F. Danardana (Unknown)
Muchlis, Imam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pemanfaatan e-commerce sebagai strategi peningkatan ekspor bagi pelaku UMKM craft di Indonesia. Dengan pendekatan kualitatif deskriptif, studi ini mengkaji bagaimana platform digital digunakan oleh CV. Palem Craft Kediri dalam memperluas pasar dan mengatasi hambatan ekspor, khususnya selama masa pandemi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce, melalui media sosial, marketplace, dan platform global seperti Amazon, memberikan kontribusi signifikan dalam memperluas akses pasar dan meningkatkan visibilitas produk lokal. Implikasi dari penelitian ini memberikan wawasan penting bagi UMKM lain dalam mengembangkan strategi ekspor berbasis digital secara berkelanjutan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

CETHE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

This journal with the name CETHE is published by the Gerasi Institute which focuses on scientific publications of the creative economy, tourism and sustainable halal industry in the Asian region. The publication of the CETHE journal will be conducted twice a year, namely in March and ...