Ibnu Khaldun merupakan seorang sarjana muslim yang selalu berpikir dan mengembangkan konsep-konsep dan pemikiran untuk kemajuan pendidikan islam. Konsep pendidikan Islam Ibnu Khaldun terdapat dalam kitab Muqaddimah, kitab ini merupakan karya munomental dari Ibnu Khaldun. Tujuan penelitian ini untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang konsep pendidikan menurut Ibnu Khaldun dalam kitab Muqaddimah. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan literatur dengan mengkaji berbagai profensi tentang konsep pendidikan Ibnu Khaldun dalam kitab Muqaddimah. Hasil penelitian menunjukkan bahwah konsep pendidikan Ibnu Khaldun dalam Kitab Muqaddimah yaitu meliputi 1. Pengertian Pendidikan: Pendidikan bukan hanya merupakan proses belajar mengajar yang dibatasi oleh empat dinding. Tetapi pendidikan merupakan suatu proses, di mana manusia secara sadar menangkap, menyerap dan menghayati peristiwa-peristiwa alam sepanjang zaman. 2. Tujuan pendidikan, peningkatan pemikiran, peningkatan kemasyarakatan, peningkatan kerohanian 3. Materi (kurikulum) terbagi menjadi dua Ilmu Aqli dan Naqli. 4. Metode pengajaran, Metode Pentahapan, pengulangan, penyesuaian fisik dan psikis, peninjauan kematangan usia, kesesuaian dengan kompetensi, penguasaan satu bidang, Rihlah, praktek/latihan.
Copyrights © 2024