Jurnal Riset Manajemen
Vol 1 No 4 (2024): Desember

Pengaruh Persepsi dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Produk Tabungan Emas Pegadaian di PT Pegadaian (Persero) Cabang Bukittinggi

Jufriadi, Jufriadi (Unknown)
Salfadri, Salfadri (Unknown)
Sunreni, Sunreni (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator yang dominan pada variabel persepsi konsumen, kepercayaan konsumen dan keputusan pembelian produk tabungan emas pegadaian di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Bukittingi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitan ini yaitu dengan menggunakan kuesioner, yaitu teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara memberikan seperangkat pertanyaan atau pernyataan kepada seluruh nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Bukittinggi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, regresi berganda dan koefisien determinasi. Sedangkan pengujian hipotesis yang dilakukan dengan uji t dan uju F. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa berdasarkan hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa indikator yang paling dominan pada variabel persepsi konsumen adalah attention dengan nilai TCR sebesar 82,0%. Kemudian indikator yang paling dominan pada variabel kepercayaan konsumen adalah kemampuan dengan nilai TCR sebesar 82,3% dan indikator yang paling dominan pada variabel keputusan pembelian adalah pilihan penyalur dengan nilai TCR sebesar 82,0%. Kontribusi sumbangan variabel persepsi konsumen dan kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian sebesar 49,5%. Sedangkan sisanya sebesar 50,5% dipengaruhi oleh variabel lain diluar penelitian ini seperti variabel tingkat kepuasan, kualitas layanan dan kepuasan pelanggan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jurma

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

Jurnal Riset Manajemen merupakan jurnal ekonomi yang menyajikan hasil-hasil penelitian dan gagasan konseptual terkini pada ruang lingkup Manajemen. Jurnal Riset Manajemen diterbitkan tiga kali setahun yaitu Maret, Juni, September & Desember dalam bahasa ...