Pase: Journal of Contemporary Islamic Educational
Vol. 2 No. 1 (2023): Pase: Journal of Contemporary Islamic Education

Strategi Guru dalam Penilaian Prestasi Belajar Peserta Didik di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Aceh Jaya

Nurmayuli, Nurmayuli (Unknown)
Oktarina, Risma (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2023

Abstract

Prestasi belajar sebagai tolak ukur dalam melihat perkembangan pembelajaran. Guru yang berperan dalam penilaian prestasi peserta didik. Bayak ragam peserta didik terkhusus pada anak berkebutuhan khusus yang memiliki tingkatan kesulitan belajar yang berbeda-beda, peserta didik mengalami kekurangan baik dari segi emosi, mental, sosial, kelaian fisik lainnya, serta potensi kecerdasan dan bakat istimewanya. Sehingga tujuan penelitin ini ialah mengetahui bagaimana stategi guru dalam penilaian prestasi belajar peserta didik di SLB Negeri Aceh Jaya. Metode penelitiandigunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengambilan sampel yaitu proposif sampling yang terdiri dari kepala sekolah dan 3 orang guru. teknik pengumpulan data dengan 3 cara yaitu observasi non partisipan, wawancara semi tersturtur, dan dokumentasi. Data di analisis dengan model sirkuler nasution. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 ranah penilaian guru terhadap praestasi belajar yaitu a) penilaian pengetahuan yang dilihat berdasarkan tes tertulis dan lisan. b) penilaian keterampilan yang dilihat berdasarkan keterampilan, kemampuan dan bakat minat yang dimiliki peserta didik. c) penilaian sikap yang dilihat berdasarkan keseharian, kepercayaan diri, keberanian dan sopan satun peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Pase

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Social Sciences Other

Description

Pase: Journal of Contemporary Islamic Educational berfokus pada kajian isu-isu pendidikan Islam kontemporer di berbagai lembaga pendidikan Islam. Jurnal ini mendorong penelitian dan diskusi akademik terkait pendidikan Islam dalam berbagai disiplin ilmu dan lembaga pendidikan, dengan perhatian khusus ...