Prestasi belajar sebagai tolak ukur dalam melihat perkembangan pembelajaran. Guru yang berperan dalam penilaian prestasi peserta didik. Bayak ragam peserta didik terkhusus pada anak berkebutuhan khusus yang memiliki tingkatan kesulitan belajar yang berbeda-beda, peserta didik mengalami kekurangan baik dari segi emosi, mental, sosial, kelaian fisik lainnya, serta potensi kecerdasan dan bakat istimewanya. Sehingga tujuan penelitin ini ialah mengetahui bagaimana stategi guru dalam penilaian prestasi belajar peserta didik di SLB Negeri Aceh Jaya. Metode penelitiandigunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik pengambilan sampel yaitu proposif sampling yang terdiri dari kepala sekolah dan 3 orang guru. teknik pengumpulan data dengan 3 cara yaitu observasi non partisipan, wawancara semi tersturtur, dan dokumentasi. Data di analisis dengan model sirkuler nasution. Hasil penelitian menunjukkan ada 3 ranah penilaian guru terhadap praestasi belajar yaitu a) penilaian pengetahuan yang dilihat berdasarkan tes tertulis dan lisan. b) penilaian keterampilan yang dilihat berdasarkan keterampilan, kemampuan dan bakat minat yang dimiliki peserta didik. c) penilaian sikap yang dilihat berdasarkan keseharian, kepercayaan diri, keberanian dan sopan satun peserta didik.
Copyrights © 2023